Dongeng Anak: Bunga Melati Yang Baik Hati

Komentar

Bagikan ke: facebook twitter gplus

Dongeng Anak | | Kategori Dongeng Anak

istana_kerajaanDi Taman bunga kerajaan, hiduplah berbagai macam tumbuhan yang berbunga sangat indah. Ada yang menjalar dan berbunga kuning cerah. Ada yang menjulang setinggi pohon dan berbunga rimbun berwarna merah jambu. Ada juga yang memenuhi hamparan rumput dengan bunga kecil yang berwarna warni. Indah sekali terlihat disana, mereka memang sangat indah dan menyejukkan.

Di Taman bunga kerajaan itu, ada tempat khusus untuk bunga-bunga yang memerlukan perawatan istimewa, agar mereka dapat berbunga lebih banyak dan indah. Setiap hari, para putri kerajaan selalu datang bermain ke taman itu. Mereka suka sekali memandangi keindahan taman bunga dan keharumannya.

Dari semua bunga yang ada, para putri senang sekali memandang dan menciumi bunga Melati, sehingga menimbulkan kecemburuan dari bunga-bunga yang lain. Karena yang lain jarang sekali bahkan ada yang tidak pernah di cium oleh para putri.

Suatu kali,setelah para putri selesai bermain di taman bunga. Kemudian para bunga bertanya pada bunga Melati. Mereka memang ingin bertanya sejak lama. Rasa penasaran bunga yang lain itu, karena bunga Melatilah yang selama ini sering di cium oleh para putri.

bunga

” Aku tak habis pikir, mengapa para putri suka sekali dengan dirimu yang berbunga kecil, berdaun besar dan berbatang keras. Walaupun engkau harum, namun mudah layu jika di jadikan pajangan di vas bunga. Karena pasti akan terlihat jelek sekali jika sudah layu dipajang disana.” Ujar bunga Mawar Biru.

” Betul, masih banyak diantara kita yang berpenampilan lebih cantik dan harum serta pantas untuk di pamerkan pada tamu kerajaan.” Bunga Sedap Malam menambahkan.

Bunga-bunga yang lain menggoyang-goyangkan tubuh mereka pertanda menyetujui ucapan Bunga Mawar Biru dan Bunga Sedap Malam. Mereka terlihat seolah manggut manggut karena membenarkan obrolan tersebut. Memang aneh, kenapa hanya bunga Melati saja yang sering di cium?.

Bunga Melati hanya diam dan tetap tersenyum. Senyumnya yang manis membuat keharuman dirinya semakin merebak. Sehingga membuat udara di Taman Bunga Kerajaan bertambah wangi dan bertambah banyak Kumbang yang datang.

Kedatangan para Kumbang yang bertambah banyak, membuat semua bunga di taman kerajaan menjadi senang. Mereka pun sibuk menyapa para Kumbang dan mempersilahkan mengisap sari madu yang ada pada setiap bunganya. Para bunga tentu tidak akan bisa berbunga lagi jika tidak ada kumbang yang datang dan menghisap sari madu mereka.

Bunga Melati tersenyum senang. Dia tidak perlu menjelaskan kepada para temannya dengan kata-kata. Perbuatannya memanggil para Kumbang telah menjawab pertanyaan temannya.

Bunga Sedap Malam dan bunga yang lainnya kini telah mengerti. Kenapa bunga Melati sangat wangi sakali. Bunga-bunga yang lain itupun kini tidak pernah lagi mempertanyakan masalah itu. Karena mereka mengakui bahwa keberadaan bunga Melati itu justru harus disyukuri. Bunga Melati memang memberi mereka keuntungan yang banyak.

bunga_melati

Beruntunglah karena bunga Melati bukanlah bunga yang mudah tersinggung. Bunga Melati memberi tahu temannya dengan cara yang sangat cerdas. Sehingga mereka menjadi hidup rukun berdampingan di taman itu. Keindahan dan keharuman mereka membuat para putri semakin betah jika berada disana.

****

Pelajaran yang dapat diambil adalah : Tidak ada yang diciptakan oleh Tuhan sia-sia di bumi ini. Satu sama lain saling bermanfaat . Selain itu, tidak perlu kita membalas perkataan kasar/cercaan dan gunjingan orang lain. Balaslah mereka dengan perbuatan yang baik. Karena dengan begitu mereka akan mengerti dan mengakui bahwa ternyata mereka salah.